Home Terbaru 5 Makanan yg Paling Cepat Merusak Otak Menurut pakar Harvard

5 Makanan yg Paling Cepat Merusak Otak Menurut pakar Harvard

Berita April 22, 2024 Waktu 1:29 pm WIB Terbaru



Jakarta, CNBC Indonesia – Makanan yg dikonsumsi memiliki peran penting bagi organ tubuh termasuk otak. pakar otak berasal dari Harvard Medical School, Dr Uma Naidoo mengatakan bahwa menjaga pola makan yg tepat dapat menjaga suasana hati dan juga serta kesehatan mental. Untuk itu, Anda dapat menghindari makanan yg dapat melemahkan otak.

Lantas apa sajakah itu? Berikut ialah makanan yg dapat melemahkan otak, melansir CNBC made It.

1. Makanan yg dibuat dengan minyak olahan

Minyak olahan sering kali diekstraksi berasal dari kedelai, jagung, lobak (sumber minyak canola), biji kapas, bunga matahari, dan juga serta biji safflower. Minyak olahan seperti ini banyak mengandung banyak asam lemak omega-6.


Konsumsi omega-6 yg berlebihan dapat memicu tubuh memproduksi bahan kimia yg dapat memicu peradangan otak.

apabila Anda menumis sayuran atau memanggang ikan atau daging, disarankan menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa.

2. Makanan dengan tambahan gula dan juga serta gula buatan

Secara umum, otak menggunakan energi di dalam bentuk glukosa, sejenis gula, untuk mendorong aktivitas seluler. Namun pola makan tinggi gula dapat menyebabkan kelebihan glukosa di otak. Hal ini dapat menyebabkan gangguan memori dan juga serta berkurangnya plastisitas hipokampus, bagian otak yg mengontrol memori.

Tidak cuma itu, makanan gurih serta mengandung gula tambahan yg tersembunyi, seperti saus pasta yg dibeli di toko, saus tomat, saus salad, dan juga serta bahkan sup kalengan.

3. Makanan olahan

Makanan ultra-olahan, seperti nugget dan juga serta sosis, dapat membuat Anda berisiko memiliki telomer yg lebih pendek atau batas pada DNA kami. Telomer yg lebih panjang cenderung mendorong penuaan sel yg sehat.

Memperpendek telomer mungkin berarti kami berisiko terkena penyakit degeneratif di awal kehidupan.

Sebuah studi pada tahun 2022 serta menemukan bahwa peserta yg mengonsumsi makanan ultra-olahan di dalam jumlah besar seperti makanan yg dipanggang dan juga serta soda lebih mungkin mengalami depresi ringan dibandingkan dengan mereka yg mengonsumsi lebih sedikit.

4. Makanan dengan pemanis buatan

apabila Anda menggunakan pemanis buatan yg tidak memiliki nilai gizi, pemanis tersebut dapat meningkatkan bakteri usus jahat yg dapat berdampak negatif pada suasana hati Anda.

Pemanis ini termasuk sakarin, sukralosa dan juga serta stevia. Pemanis aspartam, yg sering ditemukan di dalam makanan olahan, dapat sangat berbahaya dan juga serta telah dikaitkan langsung dengan kecemasan di dalam penelitian. Jenis pemanis ini serta menyebabkan oksidasi, yg meningkatkan radikal bebas berbahaya di otak.

Beberapa alternatif yg penting dipertimbangkan yaitu madu atau gula kelapa.

5. Makanan yg digoreng

Makanan yg digoreng termasuk di dalam daftar makanan yg dapat merusak otak.

Sebuah penelitian terhadap lebih berasal dari 18.000 orang menemukan bahwa pola makan tinggi gorengan dikaitkan dengan rendahnya skor memori dan juga serta kognisi.

Sebagai alternatif, pakar sarankan memilih versi makanan favorit Anda yg dipanggang atau dikukus.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

No. 1 terdapat di Al-Qur’an, Ini 7 Makanan Bikin Panjang Umur

(hsy/hsy)


Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video pilihan berikut ini: