Home Terbaru 5 Rekomendasi Jamu yg Baik untuk Kesehatan Perempuan, Ramuan Turun Temurun!

5 Rekomendasi Jamu yg Baik untuk Kesehatan Perempuan, Ramuan Turun Temurun!

Berita May 17, 2024 Waktu 1:57 am WIB Terbaru

Tradisi pengobatan herbal Indonesia yaitu jamu, telah lama dianggap sebagaimana obat-obatan alami untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk yg khusus bagi kaum perempuan. Ramuan ini tidak cuma menjadi warisan budaya, tetapi serta telah terbukti efektif di dalam merawat kesehatan perempuan.

Dari generasi ke generasi, pengetahuan tentang jamu-jamu ini terus turun temurun sampai menjadi bagian penting berasal dari gaya hidup sehat yg diwariskan berasal dari nenek moyang. Ini beberapa jenis jamu yg telah diakui secara luas karena manfaatnya bagi kesehatan perempuan, cocok untuk menjaga kebugaran!

1. Kunyit Asam

Kunyit Asam/ potret : Freepik/azerbaijan_stockers

Kunyit asam telah lama digunakan sebagaimana pengobatan herbal untuk mengatasi nyeri haid pada Perempuan. Khasiat utamanya berasal berasal dari senyawa alami yg disebut curcumin, yg terdapat di dalam kunyit.

Curcumin telah terbukti memiliki sifat antiinflamasi, yg membantu mengurangi penyebab utama nyeri haid. Dengan mengonsumsi kunyit asam secara teratur, perempuan dapat merasakan penurunan intensitas nyeri haid.

2. Beras Kencur

Beras Kencur/ potret : Freepik/ Freepik

Beras kencur ialah jenis jamu tradisional yg terbuat berasal dari beras dan juga serta kencur. Kencur memiliki sifat antiinflamasi yg dapat membantu meredakan peradangan dan juga serta infeksi di dalam tubuh.

Selain itu, beras kencur serta mengandung banyak serat dan juga serta nutrisi penting lainnya yg bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dan juga serta sistem kekebalan tubuh. Kombinasi rempah-rempah seperti jahe, kunyit, asam jawa, dan juga serta gula di dalam resep beras kencur serta menambahkan rasa yg khas dan juga serta aroma yg menarik.

3. Daun Katuk

Daun Katuk/ potret : Freepik/ Freepik

Daun katuk ialah salah satu jenis jamu yg terkenal sebagaimana pelancar ASI. Kandungan fitokimia di dalam daun katuk telah terbukti merangsang produksi ASI pada ibu menyusui.

Selain itu, daun katuk serta mengandung banyak nutrisi penting seperti yg sangat diperlukan untuk kesehatan ibu menyusui dan juga serta bayi.

4. Wedang Jahe

Wedang Jahe/ potret : Freepik/Jcomp

Wedang jahe ialah minuman tradisional yg terbuat berasal dari rimpang jahe yg direbus dengan tambahan bahan-bahan yg lain seperti gula merah, susu kental manis, atau rempah-rempah lainnya seperti kapulaga dan juga serta cengkeh.

Jahe telah lama dikenal memiliki sifat menghangatkan tubuh dan juga serta meredakan gejala masuk angin seperti mual dan juga serta kembung. Selain itu, jahe serta mengandung senyawa aktif yg disebut gingerol yg memiliki sifat antiinflamasi dan juga serta antioksidan yg kuat.

5. Jamu Jahe dan juga serta Lempuyang

Jamu Jahe dan juga serta Lempuyang/ potret : shutterstock/tantrie

Jamu jahe dan juga serta lempuyang ialah ramuan tradisional yg terbuat berasal dari bahan-bahan alami seperti jahe, lempuyang, dan juga serta rempah-rempah lainnya. Jahe dikenal memiliki sifat pemanas tubuh yg bagus untuk menghangatkan tubuh, meredakan masuk angin, serta membantu pencernaan.

Lempuyang, memiliki sifat antiradang dan juga serta antinyeri yg membantu meredakan nyeri sendi dan juga serta otot. Kombinasi bahan-bahan ini menciptakan ramuan yg menyegarkan dan juga serta menyembuhkan, sering kali diminum untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan gejala flu dan juga serta pilek, serta menjaga kesehatan secara keseluruhan.

***

Ingin menjadi salah satu pembaca yg dapat ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video pilihan berikut ini: