Home Terbaru Alquran Isyarat Indonesia hendak Diproduksi Massal di Madinah

Alquran Isyarat Indonesia hendak Diproduksi Massal di Madinah

Berita April 3, 2024 Waktu 1:14 am WIB Terbaru

JAKARTA, iNews.id – Penyandang disabilitas tuli hendak mendapat kemudahan untuk mendapatkan Alquran di Arab Saudi. Percetakan Alquran ternama di Arab Saudi, Majma Malik Fahd Li Thibaah Mushaf Syarif, berencana memproduksi massal Alquran Isyarat milik Indonesia di Madinah.

Keputusan ini diumumkan dari Syeikh Ahmed bin Essa Al-Hazmi, Kepala Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi, di dalam acara peluncuran Iqro’na, panduan praktis untuk belajar Alquran braille, di Kementerian Agama.

Syeikh Al-Hazmi menyatakan kekagumannya terhadap Alquran Isyarat yg diterbitkan dari Lajnah Penastihan Mushaf Alquran (LPMQ) Balitbang Diklat Kementerian Agama RI. Ia pun menegaskan pentingnya langkah ini di dalam memperluas aksesibilitas Alquran bagi semua orang.

“Alquran ini hendak menjadi sumber bacaan bagi saudara-saudara kami yg memiliki kebutuhan khusus di seluruh dunia,” ujarnya, Hari Selasa (2/4/2024).

Kepala Balitbang Diklat Kementerian Agama Suyitno, menyambut bagus inisiatif ini. Ia menegaskan bahwa ini merupakan tonggak penting di dalam usaha meningkatkan akses literasi Alquran bagi penyandang disabilitas.

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif berasal dari Syeikh Ahmed bin Essa Al-Hazmi. Langkah ini hendak membantu menyediakan Alquran isyarat secara lebih luas bagi saudara-saudara kami yg memiliki kebutuhan khusus di seluruh dunia,” kata Suyitno.

Produksi massal Alquran Isyarat di Madinah diharapkan dapat mengatasi tantangan rendahnya literasi Alquran di kalangan penyandang disabilitas Karena keterbatasan akses pembelajaran Alquran.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow kabar iNews di google News

Bagikan Artikel:

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video pilihan berikut ini: