Home Terbaru Gempa Bumi Tektonik M4,2 Guncang Kabupaten Bandung, BMKG: Diduga Akibat

Gempa Bumi Tektonik M4,2 Guncang Kabupaten Bandung, BMKG: Diduga Akibat

Berita May 1, 2024 Waktu 1:42 pm WIB Terbaru

JAKARTA – Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,2 magnitudo mengguncang wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Hari Rabu (1/5/2024) sekira Jam 10.06 WIB. sampai Jam 10.28 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 2 kali aktivitas gempa bumi susulan.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan juga serta Tsunami BMKG, Daryono mengatakan episenter terletak pada koordinat 7.2 LS dan juga serta 107.57 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 20 km Tenggara Kabupaten Bandung dengan kedalaman 4 Km.

“Dengan memperhatikan tempat episenter dan juga serta kedalaman hiposenternya, gempa bumi yg terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal diduga Karena aktivitas Sesar Garut Selatan,” kata Daryono di dalam keterangannya.

BACA serta:

Daryono menambahkan akibat gempa bumi yg digambarkan dari peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan juga serta berdasarkan laporan berasal dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Majalaya, Ciwidey, Banjaran, Cibereum, Pangalengan, dan juga serta Garut dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata di dalam rumah, terasa getaran seakan-hendak terdapat truk berlalu), Di Soreang Kab. Bandung, Pasirwangi, Garut dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan dari beberapa orang, benda-benda ringan yg digantung bergoyang).

“Namun sampai saat ini belum terdapat laporan mengenai kerusakan bangunan sebagaimana akibat gempa bumi tersebut,” ungkapnya.

Follow kabar Okezone di google News

Dapatkan kabar up to date dengan semua kabar terkini berasal dari Okezone cuma dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan juga serta nantikan kejutan menarik lainnya

(kha)

Banner

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video pilihan berikut ini: