Home Terbaru Kemlu RI anugerahkan HWPA kepada 23 pegiat pelindungan WNI

Kemlu RI anugerahkan HWPA kepada 23 pegiat pelindungan WNI

Berita April 27, 2024 Waktu 1:05 am WIB Terkini

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Luar Negeri RI kembali menganugerahkan penghargaan Hassan Wirajuda Pelindungan WNI Award (HWPA) tahun 2023 kepada 23 individu dan juga serta entitas yg dinilai berjasa di dalam usaha pelindungan WNI di luar negeri.

di dalam sambutannya saat membuka agenda penganugerahan, Retno memuji para pemenang penghargaan sebagaimana pejuang kemanusiaan yg konsisten bekerja melindungi WNI melampaui tugas yg mereka emban.

“kami kembali berkumpul untuk memberikan apresiasi kepada para insan pelindung warga negara Indonesia yg bergerak atas nama kemanusiaan dan juga serta bekerja keras tanpa lelah, tanpa batas,” kata Menlu di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Hari Jumat malam.

Ia mengatakan, di dalam sewindu pelaksanaan penghargaan yg dianugerahkan sejak 2015 itu, sebanyak 178 individu maupun instansi telah menerimanya sebagaimana bentuk apresiasi atas jasa mereka melindungi WNI di luar negeri.
Baca serta: Pekerja migran Indonesia yg disiksa di Oman telah dipulangkan

Retno serta mengharapkan supaya penerima penghargaan HWPA 2023 dapat menjadi inspirasi dan juga serta memberi dorongan bagi semua pihak untuk semakin giat memastikan WNI di luar negeri terlindungi.

“Kontribusi positif mereka senantiasa turut menyokong prioritas diplomasi Indonesia selama satu dekade terakhir,” kata Menlu RI.

Penghargaan tersebut diterima dari individu atau institusi yg dikelompokkan di dalam sembilan kategori, yaitu kepala perwakilan RI, staf perwakilan RI, rekan kerja Kemlu, rekan kerja perwakilan RI, instansi daerah, jurnalis dan juga serta media, masyarakat madani, pelayanan publik di perwakilan RI, dan juga serta tokoh peduli.
Baca serta: Kemlu pulangkan 169 anak PMI yg telantar di Taiwan dan juga serta UAE

Untuk gelaran HWPA 2023, para pemenang ditentukan dari sepuluh juri yg berasal berasal dari berbagai pemangku kepentingan terkait pelindungan WNI, termasuk di antaranya perwakilan Kemlu RI, pakar hukum internasional, perwakilan berasal dari organisasi advokasi pekerja migran RI, serta perwakilan media.

Beberapa berasal dari 23 pemenang HWPA 2023 antara yg lain Duta Besar RI untuk Sudan, Sunarko, yg berjasa melindungi WNI di tengah perang saudara yg terjadi di negara itu serta atas keberhasilannya mengevakuasi WNI ke tempat yg aman berasal dari peperangan.

Kepala Perwakilan RI lainnya yg mendapat penghargaan tersebut ialah Duta Besar RI untuk Turki periode 2019—2023 Lalu Muhamad Iqbal yg, pada peristiwa gempa besar di selatan negara tersebut di awal 2023, menjadi perwakilan asing paling awal yg menurunkan bantuan saat itu, sehingga diganjar penghargaan berasal dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

HWPA 2023 serta dianugerahkan kepada Anggota DPR RI berasal dari Dapil Jakarta II Christina Aryani yg giat memajukan isu dan juga serta mengadvokasi kebijakan perlindungan WNI di DPR, serta AKBP Ni Made Pujewati berasal dari Polda NTB yg berjasa menyelesaikan 55 laporan TPPO dengan 94 tersangka sepanjang 2023.

Baca serta: BP2MI perkuat tata kelola penempatan, cegah PMI menjadi korban TPPO

Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video pilihan berikut ini: