Home Terbaru Ledakan Gudang Munisi Paldam Jaya, Kapolda Metro Tawarkan Tim Jihandak

Ledakan Gudang Munisi Paldam Jaya, Kapolda Metro Tawarkan Tim Jihandak

Berita March 31, 2024 Waktu 1:54 am WIB Terbaru

JAKARTA – Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto menyebut hendak mengerahkan tim penjinak bahan peledak (Jihandak) sebagaimana bantuan di dalam penanganan insiden kebakaran dan juga serta ledakan di Gudang Munisi Paldam Jaya. Bantuan itu semata sebagaimana bentuk sinergitas TNI-Polri di dalam kondisi apapun.

“Kami serta hendak menyiapkan Jihandak besok, apabila memang Pak Panglima Kodam membutuhkan bantuan, kami siapkan,” ucap Karyoto kepada wartawan, Sabtu, 30 Maret.

Selain itu, anggota kepolisan serta hendak membantu mengamankan material-material yg terlontar ke pemukiman masyarakat. Sehingga, nantinya tak disalahgunakan.

“Kami serta memiliki tenaga profesional, apabila mungkin terdapat material ledakan yg terlempar jauh, kemudian dekat dengan permukiman masyarakat atau di tempat umum, kami hendak bantu,” sebutnya.

Kemudian, Polri serta hendak membantu mengenai pergeseran warga yg merasa khawatir dengan adanya insiden tersebut. Namun, ditegaskan bukan merupakan langkah evakuasi.

“Antisipasi yg pertama masyarakat yg paling mungkin berpotensi terdampak ya kami sedikit untuk, bukan berarti evakuasi, tapi cuma sedikit menggeser supaya akibat-akibat aman,” kata Karyoto.

Sebelumnya, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan menyebut penyebab kebakaran dan juga serta ledakan Gudang Munisi Paldam Jaya berasal dari amunisi yg telah kadaluarsa.

Dari hasil analisa serta diyakini amunisi yg kadaluarsa itu mengalami gesekan satu sama yg lain. Sehingga, menimbulkan percikan api dan juga serta berujung nyala api yg besar.

BACA serta:


“Tapi kemungkinan berasal dari marteril berasal dari amunisi dan juga serta anak aminisi yg bergesek ataupun karena labil akhirnya menimbukan asap dan juga serta menimbulkan ledakan,” sebutnya.

Hal itu diyakini menjadi penyebab karena gudang tempat penyimpanan tidak dialiri lisitrik yg dapat menjadi pemicu lainya.

“Tapi kemungkinan berasal dari marteril berasal dari amunisi dan juga serta anak aminisi yg bergersk ataupu karena labil akhirnya menimbukan asap dan juga serta menimbulkan ledakan,” sebutnya.

Adapun, ledakan terjadi sekitar Jam 18.04 WIB. Berdasarkan video amatir yg beredar memperlihatkan api membumbung tinggi sebagaimana Karena berasal dari ledakan tersebut, menciptakan kepanikan di sekitar area tersebut.

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video pilihan berikut ini: