Home Terbaru PSSI tuntaskan proses naturalisasi tiga pemain di DPR RI

PSSI tuntaskan proses naturalisasi tiga pemain di DPR RI

Berita March 14, 2024 Waktu 1:09 am WIB Terkini

Jakarta (ANTARA) – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menuntaskan proses naturalisasi tiga pemain sepak bola di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) setelah dokumen naturalisasi ditandatangani Pimpinan DPR RI Puan Maharani.

“PSSI serta mengucapkan terima kasih kepada Komisi X dan juga serta Komisi III DPR yg selama ini selalu membantu PSSI terkait program naturalisasi. Terima kasih serta kepada Pimpinan DPR Puan Maharani yg telah menandatangani permohonan kewarganegaraan ini,’’ kata Sekjen PSSI Yunus Nusi seperti dikutip berasal dari laman resmi PSSI di Jakarta, Rabu.

Ketiga pemain naturalisasi itu ialah Thom Jan Haye (28) yg bermain sebagaimana gelandang untuk SC Heerenveen di liga utama Belanda, memiliki darah Indonesia (kakeknya berasal berasal dari Sulawesi dan juga serta neneknya berasal berasal dari Solo).

Ragnar Oeratmangoen (26) yg berposisi sebagaimana penyerang atau winger Fortuna Sittard di liga Belanda dengan status pinjaman berasal dari Groningen, memiliki darah Indonesia berasal dari kakeknya yg asal Maluku.

Sedangkan, Maarten Paes, kiper yg memiliki keturunan Indonesia berasal dari neneknya saat ini membela Major League Soccer (MLS) FC Dallas.

Baca serta: Naturalisasi Tom dan juga serta Ragnar menunggu tanda tangan Pimpinan DPR

Yunus mengatakan, selanjutnya, PSSI hendak melanjutkan proses naturalisasi sesuai dengan aturan yg berlaku.

Dokumen naturalisasi yg telah tuntas di DPR tersebut hendak diserahkan ke Presiden Joko Widodo sebagaimana acuan untuk menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) dan juga serta dilanjutkan dengan pengambilan sumpah setia menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Dari ketiga pemain itu, Thom dan juga serta Ragnar masuk di dalam daftar 28 nama pemain yg dipanggil pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong untuk dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua melawan Vietnam di Stadion GBK di Jakarta pada 21 Maret dan juga serta Stadion My Dinh di Hanoi pada 26 Maret.

Sementara, Maarten Paes kemungkinan baru dapat memperkuat Garuda pada bulan Juni atau saat berlaga di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua melawan Irak dan juga serta Filipina di kandang.

Hal itu dikarenakan, liga dimana kiper 25 tahun itu bermain, Major League Soccer Amerika Serikat, sedang bermain karena baru memulai jalannya musim 2024 ini pada sekitar akhir Februari lalu.

Baca serta: Naturalisasi Thom, Ragnar, dan juga serta Maarten disetujui Komisi X dan juga serta III DPR

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video pilihan berikut ini: