Home Terbaru Tinjau Lahan Restorasi Gambut di Kotawaringin, Wantannas Akui penting Ada Revitalisasi

Tinjau Lahan Restorasi Gambut di Kotawaringin, Wantannas Akui penting Ada Revitalisasi

Berita May 17, 2024 Waktu 1:58 am WIB Terbaru

Tabloidseleberita – Wantannas RI mengakui penting adanya revitalisasi terhadap infrastruktur kanal yg terdapat di lahan restorasi gambut, Mendawai Seberang, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Hal ini disampaikan Deputi Sistem Nasional (Sisnas) Mayjen TNI Syachriyal Siregar saat meninjau tempat tersebut pada Hari Selasa (14/5).

“Kanal-kanal itu penting direvitalisasi karena saya lihat memang seperti terdapat yg tergerus menjadi kurang terurus. Terus terang itu apabila nanti terjadi hal-hal yg tidak diinginkan kebakaran ya mungkin hendak menghambat, itu yg penting diantisipasi,” ujarnya di lokasi.

Ia serta menilai masyarakat di Kotawiringin yg tergabung di dalam relawan restorasi lahan gambut ini penting disupport, diberi motivasi dan juga serta penting diperlengkapi. “Satu yg saya tekankan tadi ialah masalah konsep. Konsep mesti tersistem sistemnya mesti terbangun, karena sistem terdiri berbagai macam sub sistem ini mesti bener-bener dijalankan dan juga serta dilengkapi dan juga serta difasilitasi sehingga dapat menjalankan tugas secara efektif dan juga serta efisien,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala Sub Kelompok Kerja Restorasi Gambut Kalimantan Tengah David Purwodesrantau mengapresiasi kehadiran tim Wantannas RI ke tempat ini. Menurutnya, Setelah berasal dari tempat ini pihaknya berharap tim Wantannas RI hendak menyampaikan kepada Presiden selaku Pimpinan Wantannas RI terkait kondisi lahan restorasi gambut di Mendawai Seberang.

“menjadi berasal dari Wantannas tetap support kami untuk tetap melakukan kegiatan restorasi gambut ini. Keberlanjutannya terutama keterlibatan masyarakat di dalam mengelola dan juga serta serta merestorasi gambut,” ungkapnya.

Tim Wantannas RI sendiri saat ini melakukan Kunjungan Kerja di dalam Negeri (KKDN) ke Kalimantan Tengah di dalam rangka Strategi Kolaborasi Mitigasi Karhutla untuk mendukung Kelancaran Pembangunan dan juga serta Pemerintahan di IKN di dalam rangka Ketahanan Nasional yg Tangguh dan juga serta Dinamis.

Kalimantan Tengah dinilai salah satu Provinsi yg memberikan kontribusi yg signfikan terhadap bencana kebakaran hutan dan juga serta lahan (Karhutla). Berdasarkan rilis BNPB tahun 2019, telah terjadi kebakaran hutan gambut Kalimantan Tengah, yaitu mencapai 161.298 hektar. akibat daripada terjadinya Karhutla ini memberikan kerugian bagus aspek ekonomi, sosial, dan juga serta kesehatan masyarakat.

Menjadi penting untuk memperhitungkan potensi berbagai bencana alam dan juga serta non alam di wilayah Kalimantan yg hendak berdampak pada masyarakat dan juga serta lingkungan sekitarnya serta dimungkinkan hendak berimbas pada keberadaan Ibu Kota Nusantara. Hero/NM

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video pilihan berikut ini: